Google Translate
Google Translate

Memanfaatkan Google Translate Untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa

Sudah ada yang pernah menggunakan Google Translate? Layanan gratis dari Raksasa Internet Google ini menghadirkan kemudahan bagi kita untuk menerjemahkan kosakata dari beberapa bahasa ke bahasa lainnya yang kita inginkan. Misalnya kita memiliki artikel dalam Bahasa Inggris dan ingin kita terjemahkan dalam bentuk Bahasa Jerman maka bisa dengan mudah kita lakukan dengan hanya menggunakan ilmu copas alias copy paste…wkwkwkk

Dulu, waktu masih zaman jadul, ketika belajar Bahasa Inggris di sekolah, untuk menerjemahkan teks atau paragraf, kita hanya mengandalkan kamus terjemahan yang tebal. Lalu, seiring berjalannya waktu, muncullah translator elektronik mirip kalkulator. Meski beberapa sudah bisa menerjemahkan satu kalimat/paragraf, keberadaannya dirasakan lebih efektif dibanding kamus yang berbentuk buku. Namun, tetap saja, masih terbatas. 

Lambat laun, peradaban manusia semakin meningkat. Teknologi-teknologi baru ditemukan termasuk kamus online dan software-software penerjemah. Saya tidak ingin menyebutkan semuanya karena saya yakin sobat-sobat pembaca pun sudah tahu (silahkan searching di om Google). Lagipula, saya hanya ingin fokus pada satu produk Google yang saya anggap mumpuni untuk hal “menerjemahkan” atau “alih bahasa”, yaitu Google Translate

Terlepas dari banyaknya keluhan tentang kualitas terjemahan Google, misalnya susunan kalimat yang kurang tepat, pilihan kata yang tidak sesuai, hingga tata bahasa (grammar) yang seringkali masih acak-acakan, saya yakin belum ada yang bisa menyaingi performa Google Translate hingga saat ini jika dilihat secara keseluruhan. Mengapa demikian? Ternyata, tanpa kita sadari, ada banyak kemampuan yang dimiliki Google Translate diluar dugaan kita semua. Apakah Anda termasuk? 

Beberapa Manfaat Google Translate

Beberapa manfaat Google Translate yang terangkum di uraian berikut ini!

1. Google Translate mampu menerjemahkan Paragraf ke Sejumlah Bahasa

Jika hanya mengandalkan kamus biasa, baik itu kamus cetak, kamus offline (yang bisa diinstal di laptop), atau kamus online biasa, yang hanya mampu menerjemahkan kata per kata, Google Translate mampu menerjemahkan paragraf hingga 5000 karakter. Hal tersebut tentu saja memudahkan kita melakukan alih bahasa. Hebatnya lagi, hasil terjemahan mencakup beragam bahasa populer di dunia, termasuk bahasa Inggris, bahasa Indonesia, Perancis, Jerman, Arab, Jepang, China, dsb.

Sejumlah Bahasa yang sudah didukung Google Translate

2. Google Translate sudah tersedia di playstore (android) dan app store (apple)

Selain online via browser, Google Translate bisa juga dipasang di perangkat gawai dan bisa dimanfaatkan baik secara online maupun offlne. Untuk menggunakan secara offline, maka kita harus mengunduh paket bahasa offline terlebih dahulu. Ketika pengunduhan menggunakan mode paket data, maka kita akan disarankan untuk mengunduhnya nanti ketika sudah tersambung dengan jaringan Wifi. Silakan kunjungi: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.translate

3. Google Translate sudah bisa menterjemahkan dokumen/file

Selain teknik copas (copy – salin dan paste – tempel), Google Translate sudah mampu menterjemahkan file-file berekstensi .doc, .docx, .odf, .pdf, .ppt, .pptx, .ps, .rtf, .txt, .xls, or .xlsx, yang bisa kita unggah/upload.

Proses Pemnafaatan Google Translate dalam Menterjemahkan dokumen dengan cara unggah data

3. Memperkaya Informasi Kosakata, Sinonim, Antonim dan Kelas Kata

Teks (kata) yang telah selesai diterjemahkan di Google Translate akan menampilkan beberapa informasi. Di bagian kiri bawah, Google Translate menyediakan contoh-contoh kalimat, informasi persamaan (sinonim) kata, lengkap dengan kelas katanya. Jadi, secara tidak langsung, pengguna memperoleh ilmu tambahan. 

Fasilitas Terjemah Menggunakan Google Translate

4. Ada Fungsi Sarankan Edit Untuk Memperbaiki Konten Google Translate

Selanjutnya, bagi user yang menerjemahkan paragraf, Google Translate memberikan opsi untuk mengganti kata-kata yang dianggap kurang sesuai/tepat pada tampilan terjemahan (di bahasa tujuan). Caranya, user meng-klik kalimat atau kata tersebut, lalu memilih terjemahan alternatif. Jika masih kurang memuaskan, user bahkan dapat berpartisipasi dengan menambahkan kata yang dianggap lebih tepat menggunakan menu Sarankan Edit

Perbaiki hasil terjemah Google Translate

Sekian dulu ulasan tentang pemanfaatan Google Translate untuk mendukung pembelajaran bahasa. Semoga bermanfaat.

Terlepas dari banyaknya keluhan tentang kualitas terjemahan Google, misalnya susunan kalimat yang kurang tepat, pilihan kata yang tidak sesuai, hingga tata bahasa (grammar) yang seringkali masih acak-acakan, saya yakin belum ada yang bisa menyaingi performa Google Translate hingga saat ini jika dilihat secara keseluruhan. 

About MACHFUT HUDA

Check Also

Penggunaan Kata Penghubung So that, In Order to, dan To Untuk Menyatakan Tujuan

Hai sobat, selamat bertemu kembali di infobelajar.com. Pada kesempatan ini akan dibahas materi tentang conjunction …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *